Tips merawat mesin jahit


Tips Merawat Mesin Jahit

Mesin jahit singer 
     Sebagai seorang yang berkutat dalam dunia jahit-menjahit, merawat mesin jahit adalah suatu kewajiban. Bukan hanya mesin mobil atau motor yang harus dirawat, tapi mesin jahit juga harus.
Berikut ini adalah beberapa tips dalam merawat mesin jahit agar tetap enak saat digunakan dan membuat mesin jahit lebih awet:

  1. Setelah selesai menjahit, segera bersihkan mesin dari sisa-sisa benang atau potongan kain. Untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas kecil untuk menghilangkan sisa-sisa benang dan kain yang masuk kedalam sela-sela mesin jahit. Hal tersebut juga bermanfaat agar mesin tetap bersih.
  2. Komponen mesin jahit terdiri dari bagian-bagian yang sering bergerak dan saling bergesekan, untuk mencegah aus, berilah minyak khusus mesin jahit. Jangan gunakan sembarang minyak seperti minyak sayur sebab bisa menimbulkan karat dan kerusakan.  Biasakan untuk meminyaki mesin jahit setiap hendak digunakan.
  3. Komponen suku cadang biasanya jarang sekali rusak, tapi jika memang sudah harus diganti, segeralah di ganti atau di servis ditempat yang terpercaya. Misalnya pisau mesin obras yang sudah tumpul atau karet dinamo yang sudah getas/pecah-pecah dan mesin dinamo yang sudah lemah.Bila tidak cepat diganti, akan mempengaruhi kualitas jahitan mesin tersebut, misalnya potongan obras yang tidak bagus.

5 komentar:

  1. berbagi kebaikan bisa lewat apa saja salah satunya dengan artikel singkat ini,,thanks tips nya,,

    BalasHapus
  2. Tips ini cocok banget gan buat para pen- jual mesin , makasih gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. The sewing machine component consists of parts that are often moved and rubbed into each other to prevent wear, to provide a special sewing machine oil.

      Hapus
  3. To clean it, you can use a small brush to remove the remnants of threads and fabrics that fall into the sidewalk of the sewing machine.

    BalasHapus