CARA MEMBUAT GAMBAR POLA KEMEJA PRIA


CARA MEMBUAT GAMBAR POLA KEMEJA PRIA

1. Menentukan garis dada, garis pinggang dan garis pinggul.
www.gaebusana.blogspot.com

Tentukan titik A lalu buatlah garis vertikal dan horisontal yang saling berpotongan di titik A tersebut.
Dibawah A tentukan titik B dimana AB = panjang punggung.
Buatlah garis horisontal yang melalui titik B dan garis  itu disebut garis dada.
Dibawah B tentukan titik C dimana AC = panjang pinggang.
Buatlah garis horisontal yang melalui titik C dan garis  itu disebut garis pinggang.
Dibawah C tentukan titik D dimana AD = panjang pinggul.
Buatlah garis horisontal yang melalui titik D dan garis  itu disebut garis pinggul.
Dibawah D tentukan titik lalu buatlah garis horisontal yang merupakan batas bawah panjang kemeja pria.


2. Kemeja pria dipakai masuk celana bawahan (model jahitan samping lurus).
 Khusus untuk model jahitan samping lurus, yaitu kemeja pria yang semestinya ketika dipakai selalu masuk celana yang sedang dipakai, seperti kemeja seragam sekolah, kemeja untuk kerja baik di kantor maupun sales yang perlu berpakaian rapi, dan sebagainya.

2.a. Menggambar pola dasar bagian depan.

www.gaebusana.blogspot.com


Sebelah kanan A ada titik E dimana AE = setengah dari lebar leher, atau bila yang diukur lingkar leher, maka
AE = seperenam dari lingkar leher.
Diatas B tentukan titik F, dimana BF = kontrol kemiringan bahu.
Sebelah kanan F tentukan titik G.
FG = setengah dari lebar punggung.
Sebelah kanan B ada titik H.
BH = seperempat lingkar dada ditambah 1 cm, karena pola depan lebih lebar dibanding pola belakang
Hubungkan E dan G dengan garis lurus, EG = lebar bahu.
Buat kerung lengan dari titik G, mula-mula garis lurus yang siku-siku tegak lurus dengan EG, setelah mendekati H dibuat garis lengkung.
Buat kerung leher  depan dimulai dari titik E, mula-mula garis lurus yang tegak lurus EG, setelah 2 cm membentuk lengkung lingkaran dengan jari-jari setengah dari lebar leher, atau dapat juga jari-jarinya = seperenam dari lingkar leher.
Dari titik H tarik garis lurus ke bawah sampai K yaitu batas bawah panjang kemeja yang akan dibuat. Pada bagian depan, ujung kerung leher ke bawah dilebarkan 1 cm, untuk tumpukan kain tempat pasang kancing baju. Dari kiri maju 1 cm dan dari kanan juga maju 1 cm, maka lebar tumpukan untuk pasang kancing baju menjadi 2 cm.
Supaya pundak tampak lebih bidang maka jahitan antara pola depan dan pola belakang di posisi pundak diturunkan 3 cm ke arah depan, jadi garis lipatan lengan nantinya tidak ketemu dengan jahitan pundak, tetapi posisi garis lipatan lengan berada 3 cm di belakang jahitan pundak.  Karena itu, dibawah EG, dibuat garis sejajar EG dan berjarak 3 cm dari EG.
Jadi, jahitan pada bahu maju ke pola depan 3 cm dari pola aslinya, dan gambaran pola depan kemeja pria tapak seperti gambar diatas.
Kemeja pria model jahitan samping lurus, tidak membutuhkan ukuran lingkar pinggang dan lingkar pinggul, karena semua dianggap sama dengan lingkar dadanya. 

2.b. Menggambar pola dasar bagian belakang.
www.gaebusana.blogspot.com

Supaya jelas dan mudah dipahami, berikut adalah perbedaan pokok antara gambar pola depan dan gambar pola belakang pada pola dasar kemeja pria model lurus samping,
Pada posisi garis dada,
pola depan = seperempat lingkar dada ditambah 1cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar dada dikurangi 1cm.
Jadi pada garis dada, pola belakang lebih kecil 2 cm dibanding pola depan.
Buat garis vertikal yang berjarak 2 cm pada garis samping.
Pada posisi kerung leher belakang, lengkungannya jauh lebih datar dibanding kerung leher depan, hanya 1,5 cm dibawah titik A.
Posisi tengah belakang tidak ada tumpukan untuk pasang kancing, karena itu tidak perlu ditambah 1 cm seperti pada pola depan. Pola belakang dibuat pas pada posisi garis vertikal yang melalui titik A.
Pada posisi garis bahu atau pundak, gambar pola depan dikurangi 3 cm dari garis bahu yang asli, sedang gambar pola belakang ditambah 3 cm dari garis bahu yang asli. Jadi, pada posisi garis bahu, gambar pola belakang lebih tinggi 6 cm dibanding gambar pola depan.
Pada posisi kerung lengan belakang, lengkungannya lebih datar dibanding kerung lengan yang depan, karena lebar punggung memang lebih kecil dari lebar dadanya.
Dari kelima perbedaan yang telah diuraikan tadi, maka gambar pola belakang dapat dilihat pada gambar diatas, yang langsung bisa dibandingkan dengan gambar pola depannya yang digambarkan dengan garis titik-titik.
  
3. Kemeja pria dipakai diluar celana bawahan (model jahitan samping lengkung)
Bila kemeja pria model lurus samping dipakai diluar celana, tampaknya kemeja tadi tidak mapan ditubuh pemakainya, karena memang kemeja tersebut dirancang untuk dipakai didalam celana. Supaya kalau dipakai diluar celana kemeja tadi bisa tampak lebih mapan di tubuh pemakainya, maka gambar polanya harus memperhitungkan lingkar pinggang dan lingkar pinggulnya, bukan hanya memperhatikan lingkar dada saja.
Jenis kemeja pria yang dirancang untuk selalu dipakai diluar celana biasanya ditandai dengan kantong di kiri dan kanan bawah bagian depan. Misalnya pada baju kemeja batik, baju koko dan baju muslim yang selalu dipakai diluar celana atau kain sarung sebagai baju bawahnya.

Gambar pola kemeja pria yang dirancang khusus untuk selalu dipakai diluar celana bawahan adalah sebagai berikut:
www.gaebusana.blogspot.com

Pada prinsipnya relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus, kecuali perbedaan pada jahitan samping yang dibuat melengkung mengikuti bentuk tubuh calon pemakainya, yaitu:
  • Posisi garis dada, pola depan = seperempat lingkar dada ditambah 1 cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar dada dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis dada, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Posisi garis pinggang, pola depan = seperempat lingkar pinggang ditambah 1 cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar pinggang dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis pinggang, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Posisi garis pinggul, pola depan = seperempat lingkar pinggul ditambah 1 cm, sedangkan pola belakang = seperempat lingkar pinggul dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis pinggul, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
Sementara posisi pada bagian lain relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Kemeja pria bisa dipakai dimasukkan maupun diluar celana bawahan
Pada prinsipnya relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus, kecuali perbedaan pada jahitan samping yang dibuat melengkung mengikuti bentuk tubuh calon pemakainya, yaitu:

www.gaebusana.blogspot.com
  • Posisi garis dada, bagian depan = seperempat lingkar dada ditambah 1 cm, sedangkan bagian belakang = seperempat lingkar dada dikurangi 1 cm.   Jadi, pada posisi garis dada, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Posisi garis pinggang dibuat lengkungan sedikit, antara 1cm sampai 2 cm saja.  Pada posisi garis pinggang, lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Posisi batas bawah baju, lebarnya dibuat sama dengan lebar pada posisi garis dada.   Lebar pola belakang = lebar pola depan dikurangi 2 cm.
  • Sementara posisi pada bagian lain relatif sama dengan pola kemeja pria model jahitan samping lurus yang telah dijelaskan sebelumnya.

19 komentar:

  1. bagaimana cara menghitung jarak antara titik AF,AB,AC dan AD

    BalasHapus
  2. BF naik berapa cm ya dik.

    BalasHapus
  3. terima kasih kunjungannya.
    untuk pos yg akan datang, saya akan coba menjelaskan secara lebih rinci dengan gambar dan ukurannya.

    BalasHapus
  4. ok sob , d tUng9u postingan yg lbh rinci y :)

    BalasHapus
  5. Makasi gan akhirnya ngerti jg :D

    BalasHapus
  6. Kursus Yogyakarta
    Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya
    LPK NAVITA

    Tempat Pelatihan Orang Mandiri
    Pelatihan Jahit, Kaos, Bordir, Tas, Sulam Pita, Payet, Kreasi Flanel,

    Aplikasi Kain Perca

    Mudah-Murah-Hemat-Terampil

    Kenapa memilih LPK Navita:
    Berpengalaman sejak 2003
    Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
    Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
    Magang
    GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
    Biaya Mulai 250rb/program
    Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
    Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
    Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

    Glagah Uh4/196
    Warungboto Umbulharjo yogyakarta
    PH.(0274)450326/714205

    buka cabang di sleman :
    Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
    Godean Sleman Yogyakarta
    HP. 085740028487
    pin bb : 75F08617

    Kursus

    Menjahit

    BalasHapus
  7. artikelnya bermanfaat gan, nih lagi balajar menjahit yang meski baru pake mesin jahit portable soalnya klo mau beli yang agak besar agak mahal hehehhehe

    BalasHapus
  8. sangat membant dan alangkah lebih bagus kalau dilengkapi dengan pola lengan dan krahnya

    BalasHapus
  9. Terimakasih sharing ilmunya.. Sangat bermanfaat.. Jadi makin semangat nih buat belajar menjahit.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus
  10. kok mirip di blog http://intankebumen.blogspot.com/2012/10/praktek-membuat-gambar-pola-kemeja-pria.html...
    dan yg ini lebih lama postingnya.. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mirip, tapi jiplakan total... LPK Intan sendiri yang menggambar itu diberi logo LPK INTAN juga, telah diunggah pada 11 Oktober 2012... lalu didownload oleh yang bisa olah gambar, sayangnya logo LPK Intan dihapus dan diganti Gae Busana... BUKAN MAIINNN... Mas, untuk apa sengaja menghapus logo yang membuat asli, dan sengaja mengganti dengan Gae Busana... Kebisaan Anda mengolah gambar TELAH SENGAJA DISALAH GUNAKAN, dan siap ga siap pasti akan menanggung resiko hukumnya... ok? Sebaiknya kembalikan logo LPK Intan yang ada di gambar itu mas, kasian yang cape mikir dan nggambar membuat itu semua...

      Hapus
  11. bagus teorinya, udah pernah dipraktekkan belum?
    belajar menjahit online

    BalasHapus
  12. ternyata tidak terlalu sulit kalo kita lihat gambarnya ya sob?
    sangat berterimakasih sekali

    BalasHapus
  13. KALO NJIPLAK GAMBAR DAN NASKAH SEBUT SUMBER ASLI YANG MBUAT MAS... JADI JENTELMEN... GAE KACO AJA

    BalasHapus
  14. WAH... SUSAH2 NGGAMBAR DAN NULISNYA... TAHU2 LOGO LPK INTAN DIHAPUS DIGANTI GAE-KACO... PINTER YA MBAJAKNYA... CUKUP MODAL OLAH GAMBAR TOK JADI NGAKU PUNYA SENDIRI... HE-HE-HE... AKHIRNYA PEMBACA TAHU JUGA SIH... NIH AKU YANG BUAT ASLINYA...http://intankebumen.blogspot.com/2012/10/praktek-membuat-gambar-pola-kemeja-pria.html

    BalasHapus
  15. Membuat gambar pola itu ada rumusan-nya, jadi cukup rumit, dan ilmu itu biasanya dimiliki oleh penjahit senior, atau instruktur kursus menjahit berpengalaman.
    Gambar yang ber-label Gae Busana itu jelas pelanggaran hak cipta, karena gambar tersebut aslinya dibuat oleh LPK Intan pada tahun 2012 dan telah dimuat oleh intankebumen.blogspot.com dengan tanda hak cipta berlogo LPK Intan.
    Logo LPK Intan sengaja dihapus oleh Gae Busana dan diganti dibuat oleh Gae Busana dengan kondisi gambar yang SAMA PERSIS dengan milik LPK Intan...
    Gambar itu punya HAK-CIPTA yang dilindungi undang2, jadi barang siapa memalsu mengaku buatan sendiri harus berani menanggung resikonya...
    Orang yang baru tahap pemula tidak mengkin bisa mencipta kreasi gambar pola busana sendiri... terlebih melihat usianya... sayang ilmu olah gambar yang dimiliki Gae Busana telah disalah gunakan untuk merugikan pihak lain...

    BalasHapus
  16. Kalau pola badan depan dtmbah 1cm,pola belakang dikurang 1cm trus smpingy juga dikurangi 1cm brti jdiy lebaran badan belakang donk..harusy pola belakang ttep utuh hnya depan yg ditmbah buat kncing jdi ahiry sama depan belakang

    BalasHapus
  17. terimakasih telah menularkan ilmu pada sahabt yg hoby ketrmplan ini namun tak smpt kursus di tunggu pola rok bawahannya.dll

    BalasHapus