Tips cara mengatasi mesin jahit rewel

Tips cara mengatasi mesin jahit rewel

        Sangat mengesalkan memang kalau saat sedang asyik menjahit tiba-tiba hasil jahitan kita menjadi kurang bagus hanya dikarenakan mesin jahit kita yang mngalami masalah. Terlebih apabila kita baru belajar menjahit, hal-hal tersebut bisa jadi akan menjadikan minat menjahit kita yang tadinya berapi-api menjadi pudar.
        Berikut akan saya bagikan beberapa tips cara mengatasi mesin jahit yang rewel.


  1. Benang jahitan atas sering putus. 
Penyebab gangguan : pertama karena benang jahit menyangkut akibat menjahit dengan arah yang salah (putaran kebalik).  Penyebab kedua memasang jarum terlalu kebawah menyebabkan ketegangan benang terlalu besar dan mudah putus. Penyebab ketiga benang terlalu kasar atau terlalu halus, tidak sesuai dengan jenis kain yang dijahit, serasikan antara benang dan kain yang dijahit, serta nomer jarumnya.
Solusi:
  • Pastikan putaran roda mesin tidak terbalik meski hanya sebentar (beberapa putaran)
  • Pastikan posisi jarum mesin jahit sudah tepat pada tempatnya, tidak terlalu tinggi tidak terlalu rendah.
  • Sesuaikan nomor benang dan nomor jarum sesuai dengan kain yang dijahit.

  2. Benang jahit bawah sering putus
Penyebab gangguan : benang bawah digulung pada spul/kumparan dengan tidak rapi, tegangan benang pada sekoci terlalu besar, atau putaran benang bawah kebalik (seharusnya putaran kumparan benang berlawanan arah jarum jam), atau sebab lain jalur benang tidak sempurna melewati rumah sekoci.
Solusi:
  • Periksa pemasangan spul benang pada sekoci, bila benang ditarik pastikan arah putaran spul berlawanan arah jarum jam
  • Pastikan jalur benang bawah sudah terpasang melewati rumah sekoci dengan benar

  3. Hasil jahitan tidak kuat/ kendur.
Penyebab gangguan : karena benang atas dan bawah tidak seimbang (kencang sebelah).
Solusi:
  • Sesuaikan tegangan benang atas menjadi seimbang dengan tegangan benang bawah
  • Bila benang atas kendur, putar ke kanan pengatur tegangan benang atas, sampai hasil jahitan kuat dan kenceng rata.
  • Bila benang atas terlalu kenceng, putar ke kiri pengatur tegangan benang atas, sampai hasil jahitan kuat dan kenceng rata.
  • Hasil jahitan bisa kuat dan rata bila ketegangan benang atas dan ketegangan benang bawah seimbang, sama seretnya, pada tingkat keseretan yang pas.

  4. Kain hasil jahitan mengerut secara merata
Penyebab gangguan : karena tegangan benang terlalu kuat.  Lazimnya disebabkan karena ada kesalahan memasang benang bawah, bisa spul terbalik atau benang tidak melewati jalan yang benar sehingga ketegangan benang bawah terlalu kuat, tetapi diimbangi dengan memutar pengatur ketegangan benang atas sampai seimbang ketegangan benangnya.  Akibatnya ketegangan benang atas dan bawah bisa seim-bang tetapi terlalu kuat ketegangan benangnya, hasil jahitan yang terlalu kuat bisa membuat kain hasil jahitan berkerut-kerut merata sepanjang jahitan.
Solusi:
  • Periksa kembali sekoci mesin, pastikan posisi benang bawah sudah mapan tidak terlalu seret tarikannya
  • Putar ke kiri pengatur ketegangan benang atas sampai keseimbangan ketegangan benang serasi dengan benang bawah.

  5. Kain hasil jahitan mengerut tidak merata (kerutannya loncat-loncat)
Penyebab gangguan : karena jarum mesin jahit sudah tumpul, sudah tidak tajam lagi.  Ketika jarum jatuh disela kain yang dijahit, hasilnya jahitan normal. Tetapi ketika jarum yang tumpul tepat jatuh pada posisi benang anyaman kain, maka kain akan tertarik ikut benang tumpul, dan terjadi kerutan, karena itu kerutannya meloncat-loncat.
Solusi:
  • Ganti jarum mesin jahit dengan yang masih tajam. Pilihjarum mesin yang berkualitas agar tajamnya lebih tahan lama.

  6. Mesin tidak lancar dan berisik.
Penyebab gangguan : karena mesin jahit kering (kurang minyak pelumas) atau ada sisa benang-benang lepas yang tersangkut di mesin atau ada penumpukan debu dan sisa serat kain pada gigi mesin.
Solusi:
  • Bersihkan mesin jahit dari serat-serat kain dan benang yang tertinggal diseputar gigi-gigi mesin menggunakan kuas.
  • Beri minyak pelumas pada throat plate (penutup gigi) dengan pelumas yang berkualitas baik. (bila perlu, sebelum membersihkan mesin lepaskan dulu penutup gigi dengan melepaskan dua baut yang terpasang di penutup gigi).
  • Beri minyak pelumas pada bagian-bagian mesin yang menimbulkan gesekan pada waktu mesin sedang berputar.
Demikian beberapa tips cara mengatasi mesin jahit rewel, semoga dapat memberi manfaat.

30 komentar:

  1. Balasan
    1. Naskah aslinya dapat dibaca pada alamat url berikut:
      http://tukangjaitgo.blogspot.com/2012/11/mengatasi-mesin-jahit-rewel.html
      naskah tersebut saya unggah 5 November 2012
      makasih

      Hapus
  2. Makasih gan, semoga bisa membantu.

    BalasHapus
  3. jarum tidak bisa ambil benang dari bawah

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena jarum atas kurang turun kebawah sehingga tidak bisa ketemu dan nyangkut benang bawah. Turunkan jarum sedikit, dan coba pancing benang bawah, semoga berhasil... Maaf mas Roy Gae, saya yang jawab karena saya yang pertama mengarang naskah ini, jadi merasa ikut bertanggungjawab atas pertanyaan dari siapapun tentang tulisan saya ini...

      Hapus
  4. coba agan ganti jarum dan jgn lupa cek sekocinya, jika smuanya sudah betul tetapi masih tidak mau nangkep benangnya, berarti agan harus benerin tuh rumah dudukan sekoci. coba gunakan kikir. atau agan bisa coba ganti dgn yang lain.

    BalasHapus
  5. mohon sarannya, gan. Benang bawah ska numpuk jd satu di titik yg sma smpai2 mnyerupai rambut saking banyaknya. krn kainnya gak brjalan meski udah ane genjot tu mesin jahit dgn arah yg bnar...hikkks

    BalasHapus
    Balasan
    1. atur ulang pengatur giginya coba sedikit di naikkan, atau bisa juga dikarenakan ketegangan benang yg kurang seimbang. kalau mesin jahit mbak masih baru memang membutuhkan waktu agar mesin bisa bekerja secara maksimal.

      Hapus
    2. Caba dipakai jahit kain tanpa benang, kalao kain tidak jalan artinya yang diatur adalah posisi gigi mesin jahit. Kalau kain itu jalan, artinya yang diatur dudukan skoci pada mesin jahit. silakan dicoba jait kain tanpa benang, ok?

      Hapus
  6. suwon tips-nya.. lg bingung nih btln mesin janome ku lg ngambek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mbak, makasi kunjungannya.
      saran saya kalau mesin jahit listrik mending langsung dibawa ke ahlinya.
      semoga mesin jahit mbak enggak ngambek lagi :D

      Hapus
  7. Mau Nanya Gan..
    Kalao jahitannya dalam satu garis ada yang hilang itu harus bagaimana?maaf pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. turunkan jarum sedikiiit aja... bagian yang ilang itu kan akibat dari jarum yang tidak sampai ke posisi enang bawah, karena dudukannya kurang kebawah sedikit... silakan dicoba, semoga hasil... makasih responnya.

      Hapus
  8. Kalo hasil jahitan loncat-loncat, kira2 apa penyebabnya (habis diservis bagus, beberapa hari kumat lagi). Trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba turunkan jarum sedikit aja, supaya bisa nyampe posisi benang bawah dengan stabil...

      Hapus
  9. Pertanyaan saya sama kaya mas heri purnomo diatas, hasil jahitan loncat2 pas dijahit diatas bahan bludru,tapi pas dijahit di bahan kanvas,hasilnya bagus,meski udah ditekuk2 tus dijahit,tetep aja bagus, knapa ya? Saya pake jarum DB 80/12 benangnya pake yang biasa, mesinnya pake Jitu

    BalasHapus
  10. Permisi.. gan
    Mau tanya dong, Jahitan benang atas rapi .. sedangkan jahitan benang bawah kasar, sekoci dan pengaturan benang atas sudah disesuaikan, tapi hasilnya masih jelek gimana solusinya..?
    terima kasih gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo benang atas dan bawah ketegangan sudah seimbang tapi hasil jahitan tetap kurang bagus, sebabnya karena ketegangan pada skoci bawah (yang dijadikan ukuran penyesuaian ketegangan benang atas)... stelan skocinya tidak normal. Solusinya, atur ketegangan skoci bawah dulu, baru sesuaikan ketegangan benang atasnya. Kalo kesulitan mengatur ketegangan skoci bawah, ganti aja dengan skoci baru yang masih normal, harganya murah khan?

      Hapus
  11. tmn22 mau nnya nih, klo sepatu mesin jahit typical kurang mengangkat knpa ya ??
    makasih>>

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka tutup mesin, atur posisi dudukan kaki sepatu, keataskan sedikit lalu dikencengkan lagi bautnya. Dudukan kaki sepatu mesin diatur, ketika jarum jatuh paling kebawah, posisi sepatu hampir berimpit dengan pentolan putaran yang untuk pasang jarum atas...

      Hapus
  12. klo jahitannya jarang2 knp yah???? benang juga sering ptus2 ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang dan rapat-nya hasil jahitan ada pengaturnya, silakan diatur yang pas dengan keinginan kita... Benang sering putus sebabnya apa? Kalo benang atas, sebabnya ketegangan terlalu kencang ato letak posisi jarum terpasang kebalik menghadapnya, sehingga benang berjalan tidak melalui lobang jarum yang halus tapi kebalik pada bagian yang kasar/tajam jadi putus terus.
      Kalo yang putus benang bawah, akibat setelah skoci terlalu kencang...

      Hapus
    2. Gmn cara ganti sepatu Maaf pemula ada 5 sepatu tp ngk tau kegunaanya mau cb takut salah sukron non

      Hapus
  13. Balasan
    1. he-he-he... mboten nopo2 mas... sing penting utek lan atine mboten mbundet... nuwun sewu, maturnuwun mas...

      Hapus
  14. sangat membantu sekali bagi saya untuk memperbaiki mesin jahit yang rewel,
    terimakasih atas semua penjelasannya yang cukup komplit disini,
    salam kenal dan salam sukses

    BalasHapus
  15. Maaf, kapan Anda ngarang naskah ini? Silakan dimuat ulang naskah asli LPK Intan, tapi tolong sebut penulis aslinya ya jangan diganti ngaku ngarang sendiri... makasih.

    BalasHapus
  16. Maaf, mau bertanya apakah normal atau ada masalah pada mesin jahit kepunyaan ibu saya? kain bergerak mendekati penjahit (mundur) ketika roda mesin diputar ke arah penjahit begitu juga sebaliknya. mohon sarannya.
    terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  17. bagaimana langkah-langkah penggunaan mesin jahit

    BalasHapus
  18. Mau tanya gan mesin jahit saya kalau dipakai jahit sering membuat jarum patah karena mentok di skoci. Dan tempurung skoci bisa bergerak2 jadi kadang waktu jarum masuk ke skoci malah ke badan skoci dan patah. Apa yg harus dilakukan. Terima kasih

    BalasHapus